Kanit Reskrim Menjadi Narasumber Mengenai TPPO di Kelurahan Bugel Salatiga

Polres Salatiga – Iptu Solekhan S.H, M.H, mewakili Kasat Reskrim Polres Salatiga menjadi narasumber dalam Sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia ke luar negri yang bertempat di Kantor Kelurahan Bugel Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga. Senin (07/05/2018).

Dalam paparannya IPTU Solekhan S.H, M.H, memberikan materi mengenai Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang yang memberikan definisi cukup luas untuk klausa perdagangan orang. Kegiatan merekrut, mengangkut, menampung, mengirim, memindahkan, atau menerima orang dengan tujuan eksploitasi atau membuat orang tersebut tereksploitasi dengan cara-cara tertentu dikualifikasi sebagai TPPO.

Dalam paparannya disebutkan beberapa Modus operandi TPPO antara lain:
1.Perekrutan tanpa Perjanjian Penempatan
2.Perekrutan dibawah umur (-18 thn) dokumen dipalsukan
3.Perekrutan tanpa izin suami/orang tua/wali
4.PEMALSUAN DOKUMEN (KTP, Kartu Keluarga, Akte Lahir, Ijasah, Pasport
5.Hanya menggunakan paspor dengan visa kunjungan
6.Ditempatkan oleh perorangan, bukan Perusahaan yang memiliki izin dari Menteri Tenaga Kerja

Selain itu langkah-langkah pencegahan TPPO dapat dilakukan dengan membangun partisipasi dan kepedulian masyarakat terhadap pencegahan perdagangan orang dan Melibatkan peran serta masyarakat diwujudkan dengan tindakan memberikan informasi dan/atau melaporkan adanya tindak pidana perdagangan orang kepada penegak hukum atau pihak yang berwajib, atau turut serta dalam menangani korban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *